Sebenarnya banyak prilaku sederhana dalam kehidupan sehari-hari yang dapat kita lakukan untuk bumi. Walaupun sederhana tetapi prilaku-prilaku tersebut akan berkontribusi positif untuk kelangsungan ekologi bumi. Apalagi jika hal ini dilakukan oleh banyak orang dan akhirnya menjadi kebiasaan yang baru.

Beberapa prilaku sederhana tersebut antara lain:

1. Menggunakan Kertas Daur Ulang

Saat ini kertas memang masih mempunyai peran sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Tetapi hal ini tidak boleh terus terjadi. Ketergantungan kita terhadap kertas harus mulai dikurangi.

Karena jika dibiarkan terus maka akan berdampak terhadap kelangsungan hutan. Oleh sebab itu sudah saatnya kita mulai mengganti penggunaan jenis kertas menjadi kertas yang berdaur ulang. Periksalah logo recycled paper pada setiap rim kertas.

Dengan menggunakan kertas berlogo recycled paper maka kertas tersebut dapat didaur ulang untuk menjadi kertas baru atau merupakan kertas hasil daur ulang. Sehingga kita dapat mengurangi penebangan pohon-pohon di hutan yang akan dijadikan bahan baku kertas.

2. Menggunakan Lampu Neon

Ternyata lampu pijar membutuhkan konsumsi listrik yang banyak jika dibandingkan dengan lampu neon (fluorescent light). Contohnya kalau kita menggunakan lampu neon 8 watt akan sama terangnya dengan lampu pijar 40 watt. Sehingga berhemat dalam mengkonsumsi listrik akan mengurangi penggunaan sumber daya mineral seperti minyak bumi, gas, batubara dan solar yang menjadi bahan bakar pembentuk listrik.

3. Tidak Menggunakan Kantong/Tas Belanja Plastik

Seringkali pada saat berbelanja kita menggunakan kantong atau tas plastik sebagai wadah dari barang- barang yang telah dibeli. Kemudian setelah sampai di rumah, tas-tas plastik tersebut kita buang. Sehingga secara tidak sadar kita telah membuang begitu banyak sampah plastik. Sedangkan sampah plastik merupakan bahan yang sangat sulit terurai di tanah.

Oleh karena itu akan menjadi prilaku yang baik jika kita mulai menggunakan tas belanja yang dapat dipakai berulang-ulang. Biasanya tas belanja ini terbuat dari kain. Saat ini tas tersebut mudah sekali kita peroleh di berbagai supermarket besar atau kecil.

4. Memakai Botol Minum Isi Ulang

Berbagai macam merek air mineral mempunyai kemasan botol atau gelas plastik. Ketika sudah diminum maka botol-botol tersebut kita buang begitu saja. Sama seperti tas belanja plastik, sampah botol-botol plastik ini pun akan sulit terurai di tanah. Sehingga akan sangat baik jika kita juga mulai menggunakan botol minum yang dapat diisi berulang kali.

Konsekuensi dari penggunaan botol minum isi ulang adalah kita harus membeli air mineral galon secara berkala yang akan menjadi persediaan air minum untuk beberapa hari. Kemudian kita akan membawa botol minum isi ulang yang telah terisi air mineral dari galon kalau ingin berpergian.

5. Bersepeda

Beberapa tahun belakangan ini bersepeda mulai diminati sebagai sebuah gaya hidup baru terutama untuk masyarakat kota. Bersepeda selain menjadi sehat juga membantu bumi dalam mengurangi polusi akibat karbondioksida (CO2). Jika makin banyak orang meyakini bahwa bersepeda merupakan kebiasaan yang baik maka bukan mustahil tingkat polusi akan dapat dikurangi.

Ini ide-ide dari saya, bagaimana ide dari Anda? Silahkan jika ingin menambahkannya di kolom komentar. Cheers…

Iklan