Selamat tahun baru 2013! Semoga saya belum telat mengucapkan itu kepada Anda.

Tahun baru, semangat baru dan harapan baru. Euphoria yang juga melanda saya. Di awal tahun 2013 ini, saya begitu semangat ingin melakukan perubahan baru untuk blog ini.

Saya enggan menyebutnya resolusi. Akan merasa lebih nyaman jika saya menganggapnya sebagai sebuah rencana saja. Meskipun begitu, saya akan serius berusaha mewujudkannya.

Saya pernah membuat resolusi tahun lalu, namun gagal menyelesaikannya. Sehingga saya merasa malu dan sedikit kecewa. Maka itu, saya jera mengulanginya lagi tahun ini.

Jadi, inilah rencana tersebut. Saya ingin menulis di sepanjang tahun 2013 dari sebuah tema. Saya sudah menentukan temanya yaitu Indonesia Menuju Pemerintahan Terbuka atau Indonesia Towards Open Government. Jadi, semua artikel yang saya tulis pada tahun ini harus bertema itu.

Saya memilih tema tersebut karena dua alasan sederhana, gusar dan galau. Pertama, saya menilai bahwa pemerintah masih lamban bertransformasi untuk menjadi pemerintah yang terbuka. Tiga prinsip dasar dalam tata kelola pemerintahan terbuka (open government)―transparansi (transparency), partisipasi (participation) dan kolaborasi (collaboration)―masih belum dapat sepenuhnya diterapkan pada seluruh instansi pemerintah, pusat maupun daerah. Karena berbagai kendala, mulai sistem manajemen sampai dengan sumber daya manusia (SDM). Kondisi itu yang membuat saya gusar.

Kedua, saya menilai bahwa masyarakat masih lembek dalam menagih komitmen semua instansi pemerintah—pusat apalagi daerah— agar menjalankan tata kelola yang terbuka. Karena banyak dari mereka yang belum memahami atau bahkan tidak acuh tentang pentingnya transparansi, partisipasi dan kolaborasi dalam penyelenggaraan kepemerintahan. Kondisi itu yang membuat saya galau.

Dengan menyadari dua hal tadi maka saya bermaksud memberi kontribusi, walau mungkin tidak seberapa, dengan tulisan-tulisan yang bernas di blog ini. Saya berharap dapat mendesak pemerintah agar lebih cepat dalam proses menuju pemerintahan terbuka. Saya juga berharap dapat membantu masyarakat agar lebih memahami haknya untuk memperoleh transparansi data atau informasi, akses partisipasi dan kolaborasi dalam berbagai kebijakan publik yang diambil pemerintah.

Sebagai langkah awal untuk menandai mulainya tema Indonesia Menuju Pemerintahan Terbuka adalah dengan mengganti tagline blog menjadi Indonesia Towards Open Government.

 

Newtagline