Sejak 2009 Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB) secara rutin melaksanakan evaluasi satu tahun kinerja terhadap semua Lembaga Negara, Pemerintah Daerah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten /Kota. Evaluasi yang bertujuan untuk mengukur perkembangan penerapan manajemen berbasis kinerja di setiap instansi pemerintah. Sedangkan bagi masyarakat, termasuk saya, hasil evaluasi tersebut berguna sebagai parameter keseriusan kerja suatu instansi pemerintah dalam usahanya mencapai misi dan tujuan organisasi.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) telah menunjukkan keseriusan kerja secara maksimal selama tahun 2011. Mereka berkinerja sangat baik, akuntabel dan memiliki sistem manajemen kinerja yang andal sehingga meraih predikat ‘A’.

Sedangkan sebanyak 65 Pemerintah Kabupaten/Kota tergolong kurang serius bekerja sehingga memperoleh predikat ‘D’. Karena mereka memiliki sistem dan tatanan tidak dapat diandalkan. Mereka gagal melaksanakan hampir pada semua rencana program kerjanya. Singkatnya, kinerja mereka begitu “menyedihkan” .

Berikut adalah Hasil Evaluasi Kinerja Pemerintah Kabupaten/Kota Tahun 2011.

 

 

Unduh Hasil Evaluasi Kinerja Pemerintah Kabupaten/Kota Tahun 2011