Setiap awal tahun tiba, banyak orang biasa menjadikannya sebagai momentum untuk menetapkan sebuah resolusi. Yaitu suatu tekad atau target yang akan diwujudkan selama satu tahun. Dengan harapan agar dapat menjadi lebih baik daripada tahun sebelumnya.

Tidak terkecuali dengan saya. Saya juga telah menetapkan sebuah resolusi. Yaitu menulis bagi blog ini setiap hari selama tahun 2012. Jujur saja, saya agak khawatir dengan “resolusi nekad” ini. Sebab jika saya bercermin pada tahun sebelumnya, jumlah posting yang saya lakukan boleh dibilang minimal. Walaupun begitu, saya tidak akan mundur karenanya. Tekad saya sudah bulat.

Saya telah menganalisa bahwa penyebab utama sedikitnya tulisan selama tahun lalu adalah karena keringnya ide tulisan. Sepanjang tahun lalu, saya sering merasa tidak menemukan tema yang cukup menarik untuk dapat dijadikan sebuah artikel. Saya berjanji bahwa kondisi seperti itu tidak boleh lagi terjadi. Saya bertekad untuk memperbaikinya pada tahun 2012.

Memang, saya seharusnya tidak perlu terlalu risau dengan standar―menarik atau tidak―dari tema tulisan yang akan dibuat. Saya seharusnya tidak boleh terpenjara dengan dogma tersebut. Saya seharusnya memilih berpikir seperti Barbara Kingsolver, yaitu tulis saja apa yang ingin kita tulis, jangan pikirkan keinginan orang lain.

Don’t try to figure out what other people want to hear from you; figure out what you have to say.
It’s the one and only thing you have to offer.
Barbara Kingsolver

Jadi sejak hari ini, Resolusi 2012: Menulis Setiap Hari, mulai saya wujudkan. Selamat Tahun Baru 2012…