Belum lama ini Google Chrome Team mempublikasikan sebuah buku pedoman yang dapat dibaca secara online berjudul 20 Things I Learned about Browsers and the Web. Dalam proses penyusunannya, Google Chrome Team berkerjasama dengan Christoph Niemann―seorang ilustrator dari media New York Times.

20 Things I Learned about Browsers and the Web berisi tentang berbagai hal, teknis dan non-teknis, dari browser dan web. Sebuah buku pedoman yang ditulis secara lugas dan sistematis. Sehingga saya merekomendasikannya bagi Anda yang ingin memahami browser dan web secara lebih komprehensif.

Seperti judulnya, Google Chrome Team menjelaskan dua puluh pedoman penting dari browser dan web. Kedua puluh pedoman tersebut adalah sebagai berikut:

  1. What is the Internet?
  2. Cloud Computing
  3. Web Apps
  4. HTML, JavaScript, CSS and more
  5. HTML5
  6. 3D in the Browser
  7. A Browser Madrigal
  8. Plug-ins
  9. Browser Extensions
  10. Synchronizing the Browser
  11. Browser Cookies
  12. Browser and Privacy
  13. Malware, Phising and Security Risks
  14. How Modern Browsers Help Protect You from Malware and Phising
  15. Using Web Addresses to Stay Safe
  16. IP Addresses and DNS
  17. Validating Identities Online
  18. Evolving to a Faster Web
  19. Open Sources and Browsers
  20. 19 Things Later

Sayangnya, setelah saya cermati, sebenarnya buku pedoman ini kurang layak dianggap sebagai sebuah referensi. Mengapa? Karena ia ditulis dengan tidak objektif. Google Chrome Team paling sering menggunakan Chrome sebagai contoh guna melengkapi penjelasan dari kedua puluh pedoman di atas. Sehingga terkesan bahwa buku pedoman ini memang merupakan media promosi yang digunakan oleh Google untuk unjuk keunggulan teknologi dari Chrome dibandingkan dengan browser lainnya.

Selain Anda dapat membacanya secara online pada tautan www.20thingsilearned.com, 20 Things I Learned about Browsers and the Web juga dapat diunduh dalam format file PDF di tautan ini.