Bulan Mei yang lalu, saya pernah menulis tentang adanya sejumlah Facebook Page ilegal yang mengatasnamakan beberapa lembaga Kementerian RI. Pada waktu itu saya merasa bahwa kehadirannya akan merugikan banyak pihak terutama bagi citra kementerian yang bersangkutan.

Saya kemudian mengirim email untuk memberitahukan fakta ini ke beberapa kementerian tersebut. Bahkan saya juga akhirnya mengirimkan email ke Menteri Komunikasi dan Informasi RI, Tifatul Sembiring dan sepertinya tidak direspon. Ya sudah, saya santai saja karena merasa sudah berusaha secara maksimal.

Lalu pada bulan Juni, saya diminta untuk menjadi salah satu pembicara di Lokakarya Pelatihan Jurnalistik dan Pengelolaan Portal Website yang diselenggarakan oleh Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI. Saya merasa inilah kesempatan untuk memberitahukan tentang Facebook Page ilegal ini sekali lagi. Saya pun kemudian memasukkannya ke dalam materi presentasi. Dengan harapan bahwa Kemlu RI segera membuat situs social media resmi (Facebook Page dan Twitter) serta mengumumkannya di situs Deplu.go.id sebagai langkah antisipasi.

Dua bulan kemudian Kemlu RI ternyata menjawab harapan saya dengan membuat situs social media resmi yang terpublikasi dalam situs Deplu.go.id. Well, that’s great🙂. Semoga kementerian yang lain juga melakukan hal yang serupa.

 

Facebook Page Ilegal (www.facebook.com/deplu)

 

Facebook Page Resmi

 

Twitter Ilegal (twitter.com/deplu)

 

Twitter Resmi

 

 

Bookmark and Share