Berapa lama waktu yang diperlukan oleh sebuah bangsa agar dapat menjadi maju dan modern? Sepuluh tahun? Dua puluh tahun? Atau mungkin enam puluh lima tahun?

Tidak ada seorang pun yang dapat memberikan jawaban pasti. Semua tergantung dari seberapa kuat keinginan dan seberapa cepat kemampuan seluruh warganya dalam proses untuk mencapai hal tersebut.

Amerika Serikat butuh waktu ratusan tahun tetapi Singapura hanya butuh waktu kurang dari empat puluh tahun saja. Sedangkan Indonesia tampaknya butuh waktu lebih dari enam puluh lima tahun.

Memang faktanya demikian. Sebagai bangsa, kita masih relatif lambat dan malas untuk mau belajar dan berproses dalam usaha menjadi negara yang maju dan modern. Kita masih terjebak dalam lubang kebodohan dan sibuk mengurusi banyak hal yang sia-sia. Mungkin butuh waktu enam puluh lima tahun lagi untuk dapat keluar dari semua itu. Hiks.. semoga saja tidak.

Tetapi harapan masih ada. Selama enam puluh lima tahun ini kita tidak berputus asa untuk tetap utuh menjadi sebuah bangsa. Sampai saat ini kita masih berada di bawah bendera yang sama. Semoga saja akan selalu demikian adanya. Agar kita mempunyai kesempatan untuk terus dapat belajar dan berproses bersama-sama.

Dirgahayu Indonesia….

 

PS:
Berikut adalah sebuah video yang menggambarkan bagaimana Indonesia masih belajar tentang demokrasi sampai saat ini . Video berjudul Democracy is Yet to Learn ini merupakan salah satu pemenang dari kompetisi Democracy Video Challenge 2010 yang diproduksi oleh Adhyatmika.

 

 

 

Bookmark and Share