Saya sering mengajukan pertanyaan ini kepada para mahasiswa pada saat ujian.

Apakah Internet sama dengan World Wide Web? Jelaskan.

Hampir seluruh mahasiswa dapat menjawab dengan benar untuk menyatakan bahwa Internet tidak sama dengan World Wide Web (WWW atau web). Sedangkan ketika harus menjelaskan dimana letak perbedaannya, hanya sedikit dari mereka yang dapat menjawab dengan benar.

Internet memang jelas berbeda dengan WWW walaupun satu sama lain saling berkaitan. Menurut saya, setidaknya ada empat hal yang dapat menunjukkan perbedaan di antara keduanya yaitu:

 


Perbedaan pertama:
Jika Internet adalah sebuah rel maka WWW menjadi kereta apinya


 

Maksud saya begini. Secara teknis, Internet merupakan sebuah infrastruktur yang digunakan untuk melakukan proses penyajian dan pertukaran data dengan banyak komputer secara global. Oleh karena itu saya mengumpamakannya seperti sebuah rel. Sedangkan WWW menjadi media transportasi, yang saya umpamakan seperti kereta api, yang dipakai untuk proses penyajian data melalui infrastruktur tersebut.

Sehingga dalam hal ini saya dapat mengatakan bahwa jika WWW adalah sebuah kereta api maka ia akan membawa dan menyajikan data seperti teks, gambar, video dan audio melalui jalur rel yang bernama Internet. Seperti itu kira-kira saya menjelaskan perbedaan dan hubungan antara Internet dengan WWW.

 


Perbedaan kedua:
Internet menghubungkan banyak komputer sedangkan WWW menghubungkan banyak halaman web


 

Internet tercipta karena terdapat banyak komputer yang saling terhubung secara global. Dengan menggunakan Internet, kita bisa mengakses komputer mana pun di dunia ini. Diagram berikut dapat menunjukkan bagaimana sejumlah komputer saling terkoneksi satu sama lain.

 

Internet: Linking Computers

 

Sedangkan WWW menjadikan jutaan halaman web yang tersimpan pada sejumlah web server dapat saling terhubung (lihat gambar di bawah ini). Jika kita ingin menampilkan sebuah foto pada halaman web maka foto itu juga dapat dilihat oleh semua orang di seluruh dunia. Untuk itu kita harus menggunakan penampil halaman web yang bernama web browser.

 

WWW: Linking Web Pages

 


Perbedaan ketiga:
Internet menggunakan IP Number sedangkan WWW menggunakan URL


 

Identitas memang menjadi hal terpenting dalam proses koneksi. Setiap komputer dan halaman web memiliki identitas yang unik supaya dapat dibedakan satu sama lainnya. Dengan begitu tidak akan pernah terjadi salah identifikasi.

Identitas komputer dalam infrastruktur Internet disimbolkan dengan Internet Protocol Number (IP Number). IP Number merupakan deretan angka yang terdiri dari empat kelompok, contoh 165.113.245.2. Dan setiap komputer akan memilki IP Number yang berbeda-beda.

 

IP Number

 

Sedang pada WWW, identitas yang dipakai untuk membedakan setiap halaman web adalah Uniform Resource Locator (URL). Nama lainnya adalah alamat web atau web address. Contoh URL untuk situs Google adalah http://www.google.com.

 

URL

 


Perbedaan keempat:
Internet menggunakan kabel atau wireless sedangkan WWW menggunakan hyperlink


 

Infrastrutur Internet dibangun dengan menggunakan kabel atau wireless agar dapat menghubungkan antara sebuah komputer dengan komputer lainnya. Sedangkan WWW menggunakan hyperlink supaya sebuah halaman web dapat saling terhubung dengan halaman web lainnya.

 

Semoga dengan adanya artikel ini dapat memudahkan kita semua dalam memahami perbedaan antara Internet dengan WWW. Terutama untuk para mahasiswa di kelas saya, jangan salah lagi ya…🙂

 

 

Bookmark and Share