Setiap kali saya selesai membaca artikel dalam sebuah blog pribadi, saya selalu menyempatkan untuk membaca halaman About Me. Bagi saya hal ini penting karena saya ingin juga mengetahui deskripsi secara umum tentang blog dan pemiliknya. Serta dapat membantu saya untuk memahami sudut pandang pemilik blog dalam menuliskan artikel-artikelnya.

Dari berbagai blog yang telah saya kunjungi, dalam dan luar negeri. Saya menjumpai perbedaan karakter dalam menulis halaman About Me. Perbedaan yang cukup kontras, saya rasa.

Pada sebagian besar blog milik anak negeri, saya melihat ciri khas ‘sederhana’. Makna ‘sederhana’ dalam arti yang beragam. Seperti tidak ingin terlalu menonjolkan diri, mendeskripsikan seadanya atau bahkan tidak ada keterangan apapun tentang pemilik blog. Mungkin karena blog masih dianggap seperti media untuk ‘curhat’ sehingga halaman About Me menjadi kurang penting dibandingkan dengan artikelnya.

Sedang pada sebagian besar blog dari luar negeri, saya menjumpai ‘kekayaan’ informasi tentang pemiliknya. Berbagai pencapaian dari pemilik blog terdeskripsikan dengan lugas dan rinci. Sehingga saya dapat menilai lebih lengkap tentang kualitas blog tersebut.

Saya tidak sedang bermaksud untuk menyalahkan gaya penulisan dari blog dalam negeri. Tetapi saya hanya ingin mengingatkan kalau ‘kekayaan’ dalam penulisan halaman About Me merupakan hal yang penting. Karena pembaca dapat mengidentifikasi blog dan pemiliknya dari halaman ini. Selain itu juga, halaman About Me dapat menciptakan trust dengan pembacanya sehingga dapat berpeluang untuk membentuk sebuah komunitas dalam blog.

 

 

Bookmark and Share