Indonesia berada pada posisi 134 dengan nilai 44.6 dari 163 negara di dunia menurut hasil riset dari Universitas Yale dan Universitas Columbia tentang kualitas lingkungan hidup di sebuah negara. Dalam jajaran negara di Asia Pasifik, Indonesia berada di posisi keenam terakhir dari 27 negara. Dan di ASEAN, posisi kedua terakhir setelah Kamboja. Singkatnya kualitas lingkungan hidup di Indonesia memperoleh nilai BURUK!

Peringkat Indonesia tersebut tampil pada situs Environmental Performance Index 2010. Menurut Wikipedia, Environmental Performance Index (EPI) adalah sebuah metode pengukuran untuk menunjukkan kualitas lingkungan hidup di sebuah negara. Besar kecilnya nilai EPI merupakan cermin dari kondisi lingkungan hidup di negara tersebut. Selain itu, nilai EPI juga memperlihatkan atensi kebijakan pemerintahan dalam ikut mengatur dan menjaga kelestarian lingkungan hidupnya.

Terdapat dua hal utama yang menjadi dasar dalam penilaian. Pertama, tentang bagaimana kondisi lingkungan hidup yang mempengaruhi kesehatan masyarakat (environmental public health). Kemudian yang kedua, tentang bagaimana kondisi lingkungan hidup yang mempengaruhi ekosistem (ecosystem vitality). Dari dua hal ini kemudian akan diuraikan menjadi 25 indikator.

 

 

Hasil perhitungan kedua puluh lima indikator tersebut kemudian dipublikasikan setiap dua tahun sekali. Pada tahun 2010 ini, Indonesia mengalami penurunan peringkat dan nilai yang tajam. Karena saat 2008, Indonesia berada pada posisi 102 dengan nilai 66.2. Sungguh menyedihkan! karena ternyata kita tidak melakukan perbaikan malah sedang melakukan perusakan lingkungan.

Apakah peringkat kita akan naik atau turun saat EPI 2012 nanti? Semuanya tergantung kita semua.

 

 

Bookmark and Share