Jika saya ditanya, “Ada berapa banyak buku yang biasa saya baca setiap bulan?” Saya jawab, “Tidak satu pun.” Ya memang seperti itu. Bahkan saya tidak pernah lagi membaca buku secara utuh sejak dua atau satu tahun yang lalu. Saat ini saya lebih sering membaca e-book atau buku elektronik.

Ini bukan berarti bahwa saya telah kehilangan minat baca. Saya hanya tidak lagi membaca buku yang berwujud kertas. Lagi pula sekarang begitu banyak buku elektronik yang bagus isinya serta mudah dimiliki. Sehingga saya merasa tidak perlu lagi harus memiliki buku dalam wujud aslinya.

Dan saya yakin, di masa depan buku dalam wujud kertas akan sirna berganti buku dalam bentuk elektronik. Walaupun begitu, menurut saya apapun wujudnya, buku tetaplah buku. Buku selalu menjadi jendela pengetahuan bagi kita semua.

Selamat Hari Buku Sedunia…