Terus terang saja. Bahkan hingga saat ini saya tidak pernah memiliki Kamus Besar Bahasa Indonesia apalagi Tesaurus Bahasa Indonesia. Bukannya tidak cinta dengan bahasa sendiri tetapi cenderung enggan untuk membelinya he..he..he..

Saya yakin banyak dari Anda juga demikian. Merasa tidak perlu atau tidak terlalu penting untuk mempunyai kamus ini. Mungkin Anda lebih memilih kamus bahasa asing seperti Inggris, Jepang, Arab, Belanda, Jerman atau Rusia untuk menjadi koleksi dibandingkan dengan kamus Bahasa Indonesia.

Kita, terlebih saya, sepertinya sudah merasa mahir untuk menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Mungkin karena kita selalu menggunakannya sebagai pengantar sehari-hari. Tetapi kenyataannya belum tentu demikian.

Untuk keperluan menulis contohnya, Bahasa Indonesia saya masih payah. Saya seringkali sulit untuk memilih kata atau menyusun kalimat dengan benar. Tetapi juga bukan berarti saya mahir menggunakan bahasa asing hiks..hiks..

Kenyataan inilah yang mendorong saya untuk mencari e-book Kamus Besar Bahasa Indonesia dan Tesaurus Bahasa Indonesia. Saya beruntung menemukan link-nya dan saya ingin membaginya pada Anda. Supaya kemampuan bahasa kita menjadi lebih baik. Semoga.

Kamus Besar Bahasa Indonesia dapat Anda unduh di sini. Sedangkan Tesaurus Bahasa Indonesia dapat Anda unduh di sini.