Kalau semester lalu saya sebagai dosen melakukan evaluasi terhadap mahasiswa sekarang giliran mereka yang menilai kinerja saya. Di Universitas Indonesia sudah memiliki instrumen untuk menilai kinerja dosen dalam proses pembelajaran di akhir semester. Instrumen ini bernama EDOM, Evaluasi Dosen Oleh Mahasiswa. EDOM mempunyai tiga manfaat yaitu:

  1. Bagi dosen untuk memperbaiki diri bila memang masih terdapat kekurangan serta mengembangkan potensi dan kelebihan yang dimilikinya
  2. Bagi manajemen Universitas, fakultas, dan departemen (program studi), hasil EDOM dapat dijadikan acuan dalam menyusun program peningkatan mutu proses pembelajaran dan kinerja dosen
  3. Bagi mahasiswa agar dapat merasakan peningkatan mutu proses pembelajaran yang terus menerus

Semester kemarin saya mengampu dua matakuliah yang terbagi menjadi tiga kelas. Matakuliah tersebut adalah Pemasaran Interaktif untuk Program Sarjana Reguler jurusan Periklanan dan Aplikasi Komputer untuk Humas untuk Program Vokasi Ilmu Komunikasi jurusan Hubungan Masyarakat.

Dari ketiga kelas tersebut menurut hasil EDOM, saya memperoleh nilai yang baik. Begitu juga dengan saran dan kritik dari mahasiswa terhadap kinerja saya dapat dikatakan baik. Berikut adalah sebagian dari hasil EDOM terhadap kinerja saya.

EDOM matakuliah Pemasaran Interaktif

 

Kritik dan saran untuk matakuliah Pemasaran Interaktif

 

EDOM untuk matakuliah Aplikasi Komputer untuk Humas kelas Humas C '08

 

Kritik dan saran untuk matakuliah Aplikasi Komputer untuk Humas kelas Humas C '08

 

EDOM untuk matakuliah Aplikasi Komputer untuk Humas kelas Humas D '08

 

Kritik dan saran untuk matakuliah Aplikasi Komputer untuk Humas kelas Humas D '08

 

Untuk semua mahasiswa-mahasiswa saya, saya ingin mengucapkan terima kasih atas kerjasamanya selama perkuliahan berlangsung. Semoga sedikit pengetahuan yang telah kalian serap dapat bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain.

Jika ingin melihat versi lengkap dari hasil EDOM maka dapat mengikuti tiga link berikut ini: