“Design is not just what it looks like and feels like. Design is how it works.”

(Steve Jobs, Pendiri Apple Inc.)

Merancang situs seharusnya lebih dari sekedar tentang bagaimana membuat situs dengan visualisasi yang indah. Merancang situs juga seharusnya lebih dari sekedar tentang bagaimana semua plug-ins (Flash, Extensible Markup Language (XML), database, digital media, dan sebagainya) yang ada dapat diaplikasikan. Merancang situs adalah tentang bagaimana membuat situs dengan visualisasi yang indah serta tentang bagaimana mengaplikasikan beberapa plug-ins (pilih yang perlu saja) agar tercipta situs yang user friendly.

User friendly jika diartikan secara bebas adalah mudah digunakan merupakan kunci sukses merancang situs saat ini. Oleh karena itu kunci sukses agar dapat menjadi perancang situs yang handal adalah keberhasilannya menciptakan situs yang mudah digunakan dengan beberapa plug-ins yang diperlukan lagi indah secara visual.

Agar dapat tercipta situs yang ideal tersebut, tentu tidak akan maksimal jika dikerjakan seorang diri. Situs sederhana dengan beberapa halaman dan link mungkin dapat dikerjakan tanpa bantuan orang lain tetapi bagaimana jika itu terdiri dari ratusan halaman dan link dengan tingkat kompleksitas yang tinggi? Pasti akan lama sekali membuatnya.

Oleh karena itu seorang perancang situs seharusnya membentuk dan mengorganisir sebuah tim yang anggota-anggotanya memiliki berbagai keahlian mulai dari perencanaan bisnis situs, pengkodean HTML (Hyper Text Markup Language), pemrograman, sampai dengan perancangan grafis agar ia dapat fokus hanya pada satu proses kerja yaitu merancang situs.

Lalu siapa saja orang-orang tersebut dan tanggung jawab apa saja yang akan dibebankan pada mereka? Berikut ini adalah mereka.

  • Pemodal atau Investor
    Yaitu seseorang atau organisasi yang bersedia memberikan sejumlah uang untuk mendanai pembuatan situs. Biasanya mereka akan tertarik jika situs tersebut dapat memberikan keuntungan.
  • Manajer Proyek
    Yaitu seseorang yang mempunyai keahlian dapat mengorganisir proses kerja, mulai dari penjadwalan, budgeting, pembuatan laporan dan lain sebagainya.
  • Perancang Visual
    Yaitu seseorang mempunyai keahlihan dapat merancang tampilan grafis. Biasanya seorang ilustrator atau graphic designer.
  • Arsitek Informasi
    Yaitu seseorang yang mempunyai keahlian dapat merancang bagaimana seluruh halaman situs terstruktur secara sistematis dan bagaimana pengunjung dengan mudah mengikuti navigasi yang ada. Arsitek Informasi akan menghasilkan diagram site map dan wireframe.
  • Copy Writer
    Yaitu seseorang yang bertanggung jawab terhadap artikel atau penulisan pada situs.
  • Media Spesialis
    Yaitu seseorang yang mempunyai keahlian pada pembuatan video, audio dan animasi flash.
  • HTML Spesialis
    Yaitu seseorang yang mempunyai keahlian dalam pengkodean HTML.
  • Programmer
    Yaitu seseorang yang mempunyai keahliah dalam menciptakan program aplikasi dengan menggunakan berbagai macam script.
  • Marketer
    Yaitu seseorang yang ahli dalam mempromosikan dan memasarkan produk.

Nah, jika Anda sudah mempunyai ide cemerlang tentang situs apa yang akan dibuat maka tidak ada salahnya jika Anda mulai membangun tim impian. Bersiaplah!