Tahunnya sudah Hijriah, tapi perbuatannya masih jahiliah…..Ironis

Kalimat tersebut tertera pada dinding Facebook sahabat saya kemarin, saya sepertinya memahami apa yang digusarkan oleh Beliau dan mungkin juga merupakan kegusaran kita semua pada saat ini. Banyak hal yang telah mengusik logika, akal sehat, rasa keadilan, dan semua standar nilai kebaikan ketika melihat peristiwa-peristiwa yang muncul secara bertubi-tubi di negeri ini.  

Setiap tahun kita merayakan Tahun Baru Hijriah, pastinya sudah hapal arti dari perayaan ini tetapi sangat sedikit dari kita yang meresapi makna darinya. Bukankah sudah seharusnya kita melakukan evaluasi diri? Apakah kita sudah hijrah dari prilaku jahiliyah? Atau apakah kita perlahan-lahan sedang hijrah ke prilaku yang jahiliyah? Semoga kita memang semakin menjauh dari prilaku jahiliyah.

Sangat tepat kiranya kalau Rasulullah berpesan, “Siapa berhijrah karena Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya menuju Allah dan Rasul-Nya. Siapa berhijrah karena dunia atau wanita, maka hijrahnya menuju yang ia inginkan.” (HR al-Bukhari dan Muslim)

Selamat Tahun Baru Hijriah 1431 H.